Selasa, 18 Oktober 2016

Buta Data Mengikuti Kontes SEO

Kontes SEO membutuhkan banyak resource, seperti artikel original yang SEO friendly, backlink yang mumpuni, tool untuk memantau progress dan kompetitor dan kesabaran.

Hampir semua artikel untuk kontes yang saya ikutin rata-rata dibuat sendiri, karena biasanya kontes SEO membutuhkan on page yang bagus agar dapat bersaing di pejwan.

Juga backlink yang berhasil saya himpun dari spying beberapa web kompetitor dari beberapa bulan yang lalu.

Untuk tool yang paling dibutuhkan adalah ahref dan majestic untuk melihat data backlink yang tertancap.

Sedangkan tool lainnya bisa menggunakan tool gratisan untuk cek SERP, DA/PA dan lain sebagainya.


Mengapa Saya Buta Data?

Bulan September lalu ahref merubah kebijakan untuk tidak lagi menggratiskan paketnya selama 14 hari dengan menggantinya menjadi paket trial $7/7 hari ($1 per hari)

Semenjak itu banyak 'provider' akun ahref gratisan berhenti beroperasi. Walaupun sebenarnya saya bisa menggunakan jasa odong-odong dari agan nurzaga. Tapi karena saya belum melihat keuntungan yang didapat dari kontes seo yang saya ikuti ini. Akhirnya niat untuk membeli ahref odong-odong itu ditunda dulu.

Buta data disini maksudnya adalah saya tidak bisa spying backlink apa saja yang membuat kompetitor menjadi lebih unggul di SERP.

Paling tidak sebagian besar backlink yang mereka gunakan, terutama yang bisa direplikasi dapat dilihat.

Saya hanya menggunakan google untuk memantau backlink apa saja yang berhasil mendongkrok sebuah website sehingga bisa naik posisinya.

Sebegitu Pentingkah Ahref?

Jika anda serius dalam hal seo, ahref adalah tool yang paling penting karena paling tidak mengetahui peta data suatu situs atau yang sering disebut link profil

Dengan mengetahui link profil dari website yang berada dihalaman satu google, kita bisa meniru link profile tersebut dan membuat artikel yang lebih bagus dan bermanfaat agar bisa mendongkrak website kita ke halaman satu.

Ahref adalah tool yang paling uptodate dalam mencrawl backlink, saya pernah cek backlink dari website saya. Backlink yang baru 3 hari dipasang sudah bisa langsung dilihat di site explorernya.

Beberapa case study yang pernah saya buat berdasarkan riset backlink dari website yang saya cek melalui ahref.

Bagaimana Cara Agar Backlink Tidak Ditiru Kompetitor?

Jika anda menggunakan website sendiri yang anda kelola sebagai salah satu sumber backlink (seperti PBN) anda bisa mem-block robot crawler ahref dan tool seo lainnya agar tidak mencrawl website anda.

Tapi jika anda menggunakan web 2.0, forum, profile, bio dan lain sebagainya anda tidak menyembunyikan link profile anda.


Pengganti Ahref?

Saat ini belum ada tool yang menggantikan ahref dalam hal indexing backlink yang kita miliki, ahref memiliki database yang sangat update dan lumayan besar dibandingkan kompetitor mereka seperti Moz Site Explorer.

Jadi bagi anda ingin spying backlink dari kompetitor bisa menggunakan jasa odong-odong tool tersebut yang ada di ads.id
Load disqus comments

0 komentar